Jumat, 27 Agustus 2010

Make Money Blogging

Make Money Blogging


Mengatasi Masalah PHP Fatal error: Call to undefined method wpdb::tables() yang terjadi saat upgrade WordPress 3.0.1.

Posted: 27 Aug 2010 02:19 AM PDT


Postingan berikut membantu mengatasi masalah PHP Fatal error: Call to undefined method wpdb::tables() yang terjadi saat upgrade WordPress 3.0.1.

Saya sudah mencoba berkali-kali untuk meng-upgrade dari 2.9.2 ke 3.0.1. Proses upgrade wordpress 3.0.1 berhasil namun database juga harus diupgrade dan ini yang tidak bisa berhasil. Saya sudah mencoba beberapa cara seperti menonaktifkan plugin, dll namun tetap saja pesan fatal error berikut muncul:

PHP Fatal error: Call to undefined method wpdb::tables() in /home/bloggerpemula/public_html/wp-admin/includes/upgrade.php on line 1403, referer: http://www.bloggerpemula.info/wp-admin/upgrade.php

Saya coba tanya ke om google apakah ada blogger yang menemukan masalah yang sama, dan ternyata memang cukup banyak kasus yang sama. Penyebabnya sebagian besar karena plugin Caching Database, seperti DB-Cache, DB-Super-Cache, HyperCache, dll. Plugin-plugin ini belum melakukan update sehingga tidak sesuai dengan wordpress versi terbaru.

Plugin Caching Database seperti DB Cache (lihat http://wordpress.org/extend/plugins/db-cache/faq/ ) tidak hanya akan terdaftar sebagai plugin tetapi juga membuat beberapa file dalam direktori wp-content. File – file ini tidak diperbarui ketika WordPress 3.0.x diinstal, karena alasan yang jelas. Sehingga menonaktifkan plugin saja tidak cukup (saya sudah berusaha mencari solusi sekitar caching sebelumnya, tapi tidak membayangkan bahwa perlu uninstall plugin dan menghapus file.

Untuk blogger-blogger lain yang menemukan masalah yang sama, berikut adalah solusinya. Perhatikan bahwa untuk menginstal ulang DB Cache sepenuhnya, kita perlu melakukan hal berikut:

Bagaimana cara uninstall DB Cache?

  1. Nonaktifkan pada bagian Settings->DB Cache page. Plugin secara otomatis akan menghapus semua file cache. Jika tidak, hapus secara manual file-file berikut pada folder wp-content dari hosting anda: /wp-content/db.php, /wp-content/db-cache-config.php dan  semua file pada folder /wp-content/tmp. Jika ada file db.php WordPress akan selalu menggunakan database yang telah dioptimalkan ini.
  2. Nonaktifkan plugin pada bagian Plugin.

Pada dasarnya, inilah sumber masalahnya. Saat saya mencari solusi ini, saya telah membaca di beberapa situs lain kasus yang disebabkan masalah serupa, tetapi solusi untuk masalah ini berbeda.

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar