Minggu, 22 Agustus 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


[Report] Butir Ilmu Buka Bareng Pak Jonru

Posted: 22 Aug 2010 09:46 AM PDT

Arief & Pak Jonru

Sangat menyenangkan bisa bertemu 1 lagi seorang masta di dunia bisnis online dalam sebuah acara yang sederhana tapi sangat bermanfaat. Dapat informasi dari twitter akhirnya saya bisa ikut buka bersama Pak Jonru sambil ngabuburit dari jam setengah empat sore ada seminar tentang kiat menulis dan menerbitkan buku. Banyak pelajaran yang saya petik dan akan saya sampaikan beberapa butir penting dari hasil seminar sambil ngabuburit.

Awalnya saya datang Pak Jonru belum datang dan setelah lihat-lihat sedikit suasana tempat seminar sekaligus cafe buku tersebut memang sangat tenang dan asik banget buat meeting point, ya tempatnya di Toko Buku Demi Massa di daearh Tebet Dalam Timur delapan. Tak lama Pak Jonru datang dan saya langsung menyapanya, “Pak Jonru ya ?” dan dijawab, “Iya”, “Saya Arief pak”, “Ow arief yang di twitter itu ya ?”, “iya”. Wah ternyata Pak Jonru sudah kenal saya juga dari twitter.

Oke sekarang masuk ke seminarnya saja saya ingin membagikan sedikit apa yang saya dapat dari seminar tersebut, menurut saya materi yang diberikan Pak Jonru sudah saya dapatkan di buku Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat namun memang lebih dikembangkan dan lebih asik dong kalo ketemu sang masta penulis online hehehe.

Pertama, kadang seorang penulis hanya mengasah hard skill mereka tanpa mempedulikan lagi soft skill, dan sebenarnya soft skill adalah sebuah skill yang hukum wajib untuk para penulis. Tanpa adanya motivasi dalam penulis mungkin anda tidak bisa memilki satu naskah yang siap dikirim ke penerbit. Lalu bagaimana agar kita sebagai penulis bisa memotivasi diri kita sendiri ? Gampang coy ! Buatlah Deadline dalam tulisan anda dan cara paling ampuh adalah buat persiapan launching yang mewah dan suruh orang membayar untuk mengikuti launching buku anda, padahal anda belum menulis naskah tersebut, kalau sampai hari H naskah belum jadi pasti reputasi anda taruhannya.

Kedua, Terburu-buru ingin menerbitkan buku. Dalam seminar yang diberikan Pak Jonru saya akhirnya mengerti bahwa sebenarnya hubungan antara penulis dengan penerbit adalah simbiosis mutualisme. Jadi disini anda adalah mitra bisnis sang penerbit, lalu ? ya jadi anda tidak perlu sampai menyembah penerbit agar buku anda bisa diterbitkan disitu. Lalu apa yang membuat naskah anda ditolak ? Dari beberapa alasan penolakan naskah yang harus diingat adalah karakter, visi dan misi tiap penerbit berbeda dan cara mengetahuinya adalah rajinlah membaca buku yang diterbitkan oleh penerbit yang anda targetkan.

Ketiga, Jangan takut bersaing dengan para penulis yang sudah punya reputasi, jika anda seorang penulis pemula dan belum pernah menerbitkan buku sama sekali mungkin anda harus mengetahui bahwa sebenarnya banyak para penulis dengan buku pertamanya sudah bisa sukses dan menjadi Nasional Best Seller, contohnya adalah Andrea Hirata dengan buku Laskar Pelangi. Saya mencium keberadaan buku tersebut saat masih duduk di bangku kelas 6 SD dan saat itu teman-teman perempuan pada ngumpul sambil baca-baca novel dan saya melihat salah duanya (hehe) adalah buku Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi karya Andrea Hirata. So, menulis dari sekarang.

Keempat, Buatlah sebuah tulisan yang punya nilai jual yang besar. Jadi bukan sekedar topik yang bagus dan tiap bait katanya indah, tapi naskah anda haruslah memiliki nilai jual yang besar dengan begitu naskah anda lebih mudah di terbitkan oleh penerbit. Dan info dari Pak Jonru, ada 2 tim yang akan mempelajari naskah kita : Tim Redaksi dan Tim Marketing. Tim Redaksi biasanya menilai tulisan dari kualitasnya mungkin bisa dibilang quality checknya ya hehehe, sedangkan Tim Marketing menilai tulisan anda dari segi nilai jual bukan nilai kualitasnya. Jadi jangan asal tulisan bagus kalau nilai jualnya rendah.

Kelima, Untuk meningkatkan keyakinan dari calon pembeli, berikan buku anda secara gratis kepada orang yang kompeten dengan topik yang anda tulis, minta mereka untuk memberikan pengakuan setelah membaca tulisan anda dan saat seminar ada 1 slide dimana ada testimoni dari Mas Fadly Muin dan kata Pak Jonru ini adalah testimoni paling disenanginya. Atau anda bisa memberikan buku anda secara gratis ke orang-orang yang punya citra besar di negeri ini dan minta mereka menuliskan testimoni setelah membaca buku tersebut. Ini bisa jadi strategi ampuh untuk meningkatkan nilai jual buku anda.

Keenam, menjelang akhir seminar saya sempat meminta Pak Jonru untuk membuka blog Mas Agus Siswoyo karena kebetulan di cafe buku tersebut ada layanan Free Wifi dan sedikit membahas tentang menulis di internet dan memang antara menulis untuk dibaca manusia dengan mesin pencari haruslah seimbang, karena pengalaman Pak Jonru sediri mendapatkan banyak pembaca dari Google.

Oke mungkin itu saja materi yang bisa saya share di seminar sambil ngabuburit di Toko Buku lebih tepatnya Cafe Buku Demi Massa Tebet, sambil nunggu adzan saya ngobrol dengan Pak Jonru dan sedikit menyinggung hasil kopdar bareng Mas Hengky di Bandung dan produk JS yang kontroversial. Dan setelah buka puasa makan sambil ngobrol dengan peserta seminar lain sambil ngeteh dan minum es buah yang maknyos !.

Setelah Sholat Maghrib berjamaah dengan Pak Jonru, kami makan ayam bakar yang sudah disiapkan oleh panitia Pak Yons yang ramah hehehe. Berikutnya ngobrol dikit soal saya sebagai FJB Seller di Kaskus dan semuanya sudah mulai bubar dan saya sangat puas dengan Buka Bersama ini.

Sukses terus untuk Pak Jonru dan tim dan terima kasih atas doanya agar saya bisa masuk Kick Andy sebagai pebisnis muda hahahaha. Acara yang mantap dan semoga bisa diadakan di Toko Buku Demi Massa, Tangerang hehehe.

Salam Sukses Muda,

Arief Rizky Ramadhan

Sahabat Blogger

Posted: 21 Aug 2010 07:33 PM PDT

Sahabat

Beberapa blogger biasanya tidak mau membalas komentar yang dirasa tidak membuat dirinya mendapatkan manfaat, apakah salah ? enggak juga kok wong yang punya blog dia kenapa kita yang sewot ? Membalas komentar sangatlah penting untuk para blogger karena dari situ timbul rasa simpati antara blogger dan pembaca yang memberi komentar.

Dari berbalas-balas komentar akhirnya kenalan dan menjadi seorang sahabat di dunia blogging dan di akhir cerita mereka bertemu dan saling sharing buah pikiran atau malah bisa membangun sebuah bisnis bersama. Sebuah hal yang menarik namun apakah semudah itu mendapatkan sahabat di dunia blogging ?

Gak sulit kok, asal tau cara dan kiat jitu mendapatkan sahabat blogger maka dalam sekejap anda menjadi seorang blogger dengan jaringan yang besar dan bisa meningkatkan trafik dan kalau dilihat dari segi bisnis ini adalah hal yang menguntungkan untuk list building atau affiliate. Kembali lagi, mencari sahabat di dunia blogging bukan sekedar menyapa di kolom komentar dibawah sebuah artikel blogger lain.

Anda harus melakukan tindakan untuk makin mendekatkan diri anda kepada blogger lain dengan cara memfollow twitternya atau menjadi teman di facebook dan jejaringan sosial lain, atau kalau memang anda tidak suka dengan jejaringan sosial anda bisa membuat komentar yang membangun dan menjadi sebuah bahan diskusi di blog blogger tersebut.

Seperti saat saya baru pindah ke Tangerang dan masuk SMP, saya memiliki kenalan di sekolah dan ternyata dia rumahnya tak jauh dari rumah saya. Awal kenalan ya pasti agak malu-malu kucing dan cenderung tidak banyak share soal pendapat atau tentang diri kita. Namun lama kelamaan saya diajak jalan-jalan keliling komplek rumah yang cukup besar dan jalan yang rusak dengan motornya maklum dia sudah lama ada di Tangerang dan saya anak baru disini.

Disitu tanpa disadari anda akan semakin dekat dengan orang tersebut dan disitulah anda sudah mulai harus memelihara hubungan dengan teman anda tapi sampai di tahap ini mungkin masih agak tertutup untuk share soal pendapat atau tentang diri sendiri tapi anda sudah mulai memberanikan diri untuk share soal pengalaman kecil anda seperti saya yang tinggal dan duduk melihat transaksi oleh nenek saya yang berjualan sayur mayur di pasar.

Pandai-pandailah menjaga komunikasi dengan seseorang yang menurut anda cocok untuk menjadi sahabat karena sedikti saja tersandung mungkin pesahabatan anda akan hancur. Bagaimana ? apakah sudah siap mencari sahabat di dunia blogging ? hehehe kalau sudah siap ambil tindakan sekarang dan mulailah blogwalking kemana-mana sambil meningkatkan trafik blog kita tingkatkan juga jumlah teman dan sahabat yang anda miliki di dunia maya.

Blank

Posted: 20 Aug 2010 08:03 AM PDT

Apakah anda sering mengalami pikiran kosong ? saat saya menulis saya sering terkena hal ini, sebuah hal yang paling merugikan bagi saya karena tiba-tiba ide saya yang sudah di ujung kepala dan siap untuk di share hilang sia-sia dan tak bisa berguna untuk para pembaca. Lalu bagaimana cara menghilangkan blank ini ?

Menjadi seorang penulis memang bukanlah hal yang mudah kita harus bisa fokus saat menulis sehingga tulisan yang kita hasilkanpun bisa dinikmati dan bisa membuat pembaca speak up di kolom komentar. Dan saat itulah anda sebagai blogger merasa bangga karena bisa mengajak orang untuk mengeluarkan pendapatnya melalui komentar.

Nah, untuk memberikan suasana fokus pada pembaca dan membuat mereka betah di blog kita berjam-jam atau sampai bikin camp untuk nginep dan nongkrong menunggu artikel terbaru anda hahaha. Ini mungkin bukan sebuah cara manjur, namun saya mencoba menshare kepada anda agar saat menulis anda tidak mengalami momen blank ini. Dan ini adalah cara yang sedang saya coba untuk menulis artikel di blog saya ini.

Fokus Pada Satu Topik, saat anda menulis jelas yang anda pikirkan sangatlah banyak dan mungkin saja dari apa yang anda pikirkan saat menulis bisa membat perkembangan kata dalam tulisan anda, sebenarnya sih oke aja anda memiliki perkembangan kata yang banyak namun alangkah baiknya tidak terlalu berlebihan karena lama kelamaan akan out of topic dan membuat pembaca kurang nyaman dan memilih untuk melemparkan komentar junk.

Tulis Ide Segar Anda, mungkin ini sudah sering dibahas di blog-blog motivasi kepenulisan lainnya namun saya tidak lelah untuk mengingatkan bahwa anda harus menulis ide segar yang ada dalam pikiran anda entah itu saat berjalan-jalan, duduk di teras rumah atau anda sedang blogwalking. Jangan sampai momen itu hilang dari pikiran anda. Sebenarnya saya banyak sekali momen yang sangat bagus untuk di share dalam kehidupan saya namun karena saya tidak pernah menulis ide segar itu saya tidak pernah bisa membuat artikel yang menarik dan mungkin ini adalah salah satu artikel kurang menarik untuk anda, namun saya terus mengembangkan kata-katanya selama di draft dan sekarang sudah oke dan layak baca.

Memang tips yang saya tulis di atas sudah dianggap kacangan oleh sebagian blogger tapi inilah inti dari cara memikat pembaca untuk betah membaca artikel anda. Sebuah kebanggan tersendiri saat anda mendapatkan komentar dari orang lain yang sangat berhubungan dengan apa yang anda bahas, saat inipun saya mencoba memberikan komentar yang baik untuk rekan blogger lainnya walaupun kadang ngakak di blog sebelah hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar