Sabtu, 21 Agustus 2010

Blog Inspirasi dan Bisnis Online

Blog Inspirasi dan Bisnis Online


Merdeka Dalam Menulis

Posted: 20 Aug 2010 09:49 PM PDT

Merdeka Dalam Menulis

Merdeka Dalam Menulis

Mumpung masih suasana hari kemerdekaan jadi nulisnya ya berhubungan dengan kata merdeka. Apa sih maksud merdeka disini, kalau dilihat dalam pengertian bebasnya merdeka berarti lepas dari yang namanya penjajahan, lepas dari yang namanya tekanan, baik yang datang dari luar maupun dari dalam. Nah disini saya ingin mencoba mengaitkan bahwa untuk menulis juga perlu yang namanya kemerdekaan. Karena kadang kita sering merasa tertekan dalam menulis, yah contoh kecilnya  saya sendiri, seringkali ketika menulis saya merasa tulisan saya bagus tidak ya, jangan-jangan nanti ga ada yang komentar, jangan-jangan nanti pembaca ga ngerti isi tulisan saya dan bla bla bla. Intinya saya tidak merdeka dalam menulis.

Apakah perasaan seperti itu wajar? Ya kalau pernah dirasakan oleh kebanyakan  orang yang memulai menulis berarti itu sesuatu yang wajar, tapi kalau tidak??? Menurut saya kebanyakan penulis (kalau tidak bisa dikatakan semua) pernah mengalami sindrom seperti ini. Jadi jika anda juga mengalaminya seperti saya juga berarti anda masih dalam kewajaran, Cuma harus HATI-HATI, kadang kita bisa larut dengan yang namanya PERASAAN, terlena terhadap pembenaran diri bahwa saya tidak bisa sehingga secara perlahan perasaan seperti itu membunuh kreatifitas anda dalam menulis.

Seperti yang dikatakan pa jonru dalam blognya, jika anda merasa anda tidak pandai menulis, takut ditolak tulisannya, takut tidak ada yang komentar atau parahnya takut diledekin kalau tulisan anda amburadul jangan berkecil hati karena semuanya pernyataan diri seperti itu sebenarnya adalah sebuah PERASAAN saja, ya benar anda merasa dan merasa tanpa tahu kebenarannya, sedangkan tolak ukur kebenaran bukanlah perasaan, jadi STOP deh jangan mendramatisir perasaan anda. Karena saya tahu itu tidak baik untuk anda, karena sayapun pernah mengalaminya.

Jadi seperti judul diatas, merdekalah dalam menulis, jangan belenggu ide-ide brilian anda hanya karena and MERASA. Lepas, bebas saja jangan pikirkan tulisan anda jelek, ingat juga bahwa buku-buku best seller manapun awalnya  tidak sebagus itu, looh kok? Iya dong buku apapun yang pernah diterbitkan, baik itu novel ayat-ayat cinta atau laskar pelanginya andrea herata atau tulisan bayaran di kompas pasti diperlukan yang namanya proses editing. Jadi mulai sekarang yuk kita merdeka dalam menulis.

Sebagai motivasi  ingat juga pernyataan ini,  bahwa menulis adalah salah satu cara kita untuk mengikat ilmu, seperti yang dikatakan para pujangga. Jika ilmu adalah binatang buruan maka tali kekang adalah tulisannya. Ok sekian dulu ya, tulisan ini adalah "buah" dari kemerdekaan dalam menulis setelah saya belajar bersama pa jonru melalui blog dan ebook cara menjadi penulis hebat. Belum membacanya? Masa sih? hehehe

Postingan Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar