Sabtu, 28 Agustus 2010

Blog Bisnis dan Investasi

Blog Bisnis dan Investasi


8 Cara Cari Uang Di Internet Lewat Berjualan Produk (Bagian 1)

Posted: 28 Aug 2010 06:29 AM PDT

Yang namanya manusia itu sering terlalaikan dengan apa yang dinamakan nikmat sehat dan nikmat waktu. Seperti saya ini. Sudah beberapa hari ini demam tinggi hingga nggak sempat update artikel.

Akhirnya saya teringat perbuatan sia-sia yang saya lakukan di waktu sehat. Makanya untuk postingan kali ini, saya akan bahas yang ringan-ringan saja, yaitu 8 cara bagaimana mencari uang lewat internet. Hanya saja kali ini lebih dikhususkan lewat berjualan produk saja.

Insya Allah pada kesempatan yang lain saya akan bahas cara-cara mencari uang lewat internet yang lainnya. Kemudian lewat artikel ini juga, saya mulai memberanikan diri untuk mulai membahas detail dan step by step perihal internet marketing. Mengapa?

Pertama, internet marketing merupakan salah satu dari jenis bisnis yang perlu anda ketahui, seperti yang pernah saya terangkan pada postingan yang telah lalu tentang peluang usaha modal kecil bagian 1 dan bagian 2.

Kedua, saya pikir, waktu 1 tahun lebih saya mempelajarinya sudah cukup untuk memahami bagaimana cara kerjanya. Walaupun tentunya saya belum se-master pakar-pakar internet marketing ternama semisal Anne Ahira, Joko Susilo, Cosa Aranda, Mas Hengky, Hianoto dan Sukarto. Atau seperti Isnaini, orang yang pernah memberikan workshop tentang internet marketing kepada saya.

Tapi saya pikir cukuplah bagi saya untuk mempunyai dasar-dasar internet marketing yang bisa saya bagikan kepada anda. Ok, mari kita mulai. Menurut Hianoto dan Sukarto 8 model bisnis yang saat ini populer dengan berjualan produk adalah :

1. Menjual Produk Berwujud Melalui Website Anda

Contohnya anda menjual baju, perhiasan, kerajinan, buku, mainan anak-anak dan sebagainya. Produknya bisa jadi hasil produksi anda sendiri, atau hasil produksi orang lain. Cara kerjanya adalah anda memasang semua produk anda di website anda.

Anda menerima order dari konsumen. Anda mengecek pembayaran yang masuk. Lalu anda mengurus pengiriman barang ke pembeli anda tadi. Model ini sering disebut toko online atau online store. Kalau anda ingin melihat contoh yang sukses dari model bisnis ini adalah amazon.com yang merupakan online store terbesar di dunia.

2. Menjual Produk Berwujud Melalui Website yang Telah Populer

Model ini hampir sama dengan model bisnis yang pertama, hanya saja anda memanfaatkan website yang sudah terkenal dan populer untuk memasang produk anda. Biasanya anda dikenakan fee atau biaya tertentu. Model seperti ini seringkali lebih bagus karena mendatangkan visitor ke website anda bukanlah perkara yang mudah.

Anda harus tahu bagaimana cara-cara mempopulerkan situs anda, sekalipun anda harus mengeluarkan biaya dengan menggunakan PPC. Ini seperti anda memasang produk anda di mal sehingga bisa dilihat oleh banyak orang. Contohnya seperti Ebay.com, atau kalau anda berorientasi pasda ekspor yang mengarah pada business to business (B2B), anda bisa menggunakan Alibaba.com dan GlobalSources.com. Kalau situs lokal, anda bisa gunakan indonetwork.co.id.

3. Menjual E-book

Anda tahu e-book? Pasti sudah banyak yang tahu. E-book atau electronic book memang sudah tidak asing lagi di kalangan para pebisnis internet. Model bisnis ini populer sejak tahun 2000, bahkan sebelumnya. Anda bisa menjual e-book dengan topik apapun seperti kesehatan, food combining, cara diet, teknik multimedia, cara berbisnis kedai munum dan makan, cara berbisnis mie ayam, parenting, hingga cara menghasilkan uang lewat internet seperti yang saya bahas sekarang.

Pokoknya apapun bisa anda tulis dan anda jual lewat e-book.Tentunya yang bermutu, karena kebanyakan e-book akhir-akhir ini kurang memperhatikan kualitas isinya. Bisnis e-book ini sangat menguntungkan, karena anda hampir-hampir tidak mengeluarkan biaya produksi. Jadi kalau anda menghitung titik impasnya, biaya produksinya relatif kecil.

4. Menjual Multimedia Course

Kalau yang ini, adalah bentuk yang lebih maju daripada e-book dan menjadi tren bisnis saat ini. Multimedia course yang menyertakan video dan audio dianggap membuat penjelasan menjadi lebih mudah daripada sekedar tulisan. Karena sebab itu, harga multimedia course bisa lebih tinggi daripada e-book. Anda bisa membuatnya dalam bentuk CD atau DVD, atau anda cukup membuatnya dalam format MP3, Flash atau MP4 agar bisa didownload langsung oleh calon konsumen anda.

Khusus cara yang terakhir, anda relatif tidak mengeluarkan biaya produksi. Dan ini lebih disukai pembeli karena bersifat instan, tidak perlu menunggu pengiriman sampai dan juga tidak perlu menanggung biaya pengiriman. Kecuali kalau filenya sangat besar dan koneksi internet di Indonesia rata-rata lambat, anda bisa memilih cara ini. Kalau tidak ya terpaksa anda kirim menggunakan CD atau DVD. Saya punya teman yang relatif sudah sukses menjalankan bisnis model ini.

Berhubung badan saya masih meriang dan kepala saya masih terasa nyut-nyutan, sepertinya saya cukupkan sampai di sini saja. Insya Allah saya lanjutkan pada postingan berikutnya tentang cara bagaimana mencari uang lewat internet dengan jualan produk yang lainnya. Atau anda ingin cara mendapatkan uang di internet yang gratis tanpa modal? He..he..he..

(sumber gambar : ferdian.web.id)

 8 Cara Cari Uang Di Internet Lewat Berjualan Produk (Bagian 1)

Related posts:

  1. Cari Peluang Usaha Modal Kecil? Ini Solusinya! (Bagian 2)
  2. Cari Peluang Usaha Modal Kecil? Ini Solusinya! (Bagian 1)
  3. Workshop Bisnis Internet Dari Pakar Bisnis Online
  4. Cari Atau Tidak Cari Modal, Anda Harus Punya Proposal Usaha
  5. Jika Anda Sering Berbisnis Melalui Internet, Berhati-hatilah Terhadap Phising (Bagian 2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar