Sabtu, 28 Agustus 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


Aliran Pengunjung Blog

Posted: 27 Aug 2010 08:14 PM PDT

Blogging Lifestyle

Beberapa waktu yang lalu Mas Agus Siswoyo sudah mengadakan kontes guest writer dimana banyak sekali yang ikut termasuk saya. Apakah ada nepotisme di dalamnya ? hahaha saya rasa tidak penilainnya sangat transparan dan kalau tidak salah yang menang itu Mas Heri Rusmanto ya maklum sudah lama dan sudah kelelep oleh artikel bagus dari Mas Agus Siswoyo.

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mendapaktan pengunjung di blog anda, saya sendiri lebih mengandalkan blogwalking untuk membuat aliran pengunjung yang datang menjadi besar per harinya. Kalau untuk website perusahaan saya rasa banyak menggunakan SEO atau pasang iklan sana sini.

Ya namanya juga blog pribadi buat apa promosi mahal-mahal dengan pasang iklan wong yang punya juga gak dapat uang dari blognya (kecuali di monetizing). Kembali ke topik, banyak hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan aliran pengunjung yang banyak dan tertarget. Saya tambahkan kata tertarget karena kalau yang datang robot spammer ya percuma kan hehehe yang ada anda malah repot untuk hapus-hapusin komentar yang ada di berkas spam.

Lalu setelah mempunyai pengunjung yang banyak kenapa ? Ada beberapa alasan kenapa banyak blogger sangat ingin mendapatkan pengunjung yang banyak dan menurut saya ini tidak terlepas dari tujuan dia untuk terjun di dunia blogging.

1. Untuk kepuasan batin, ini adalah alasan saya kenapa ingin mendapatkan aliran pengunjung yang banyak dan tertarget, dimana target anda adalah sesama blogger atau orang yang ingin mencari ilmu dengan topik yang relevan dengan blog anda. Sebuah hal yang sangat menyenangkan saat artikel anda bisa bermanfaat kepada orang lain dan di mata agama ini adalah sebuah ibadah dimana anda sebagai blogger bisa saling berbagi.

2. Untuk Mendapatkan uang, ini adalah alasan blogger yang memiliki tujuan untuk memonetizing blognya dan memang trafik sangat dibutuhkan jika blogger tersebut memasang iklan PPC atau ingin mendapatkan order pemasangan iklan di halaman utama dan lain-lain.

3. Untuk mendapatkan komentar, sepertinya poin ketiga ini masih sama dengan poin pertama dimana sang blogger ingin artikelnya dibaca dan dikomentari namun berbedaannya terletak pada kepuasan bathinnya. Kalau di poin pertama melihat pageview dari data visitor counter atau plugin bantuan dari WordPress sudah puas namun kalau di poin ketiga ini sang blogger biasanya puas jika dia berhasil mengajak diskusi pembacanya di kolom komentar.

Itu adalah alasan kenapa para blogger ingin mendapatkan aliran pengunjung yang deras. Bagaimana dengan anda ? Apakah termasuk poin 1, 2 atau 3 atau malah anda punya alasan lain kenapa membutuhkan aliran pengunjung yang besar di blog pribadi anda.

Sekarang yang menjadi masalah adalah bagaimana anda mendapatkan aliran pengunjung ke blog anda ? mungkin ini adalah cara kacangan dan mudah di dapatkan di blog-blog lain namun ini juga sebuah cara yang sering dilupakan kalangan blogger pemula khususnya.

1. Blogwalking, jelas para pemula sangat malas sekali untuk berinteraksi dengan tetangganya sesama blogger. Sebagai pendatang baru anda harus berkenalan dengan tetangga anda dengan begitu kehidupan di lingkungan anda akan semakin nikmat dan tidak membosankan menurut anda.

Selain itu blogwalking juga bisa menjadi sarana mencari ilmu, karena sebelum berkomentar di blog lain anda haruslah membaca artikel blogger yang sedang anda kunjungi tersebut walaupun kadang fast reading juga cukup untuk memberikan komentar hehehe.

Tapi alangkah lebih nikmatnya jika bisa saling berdiskusi di kolom komentar sesuai dengan poin ke-3 tadi. Dengan begitu kehidupan di dunia blogging anda makin seru dan membuat anda memiliki banyak jaringan.

2. Jangan mengincar SEO semata dalam blogging, Seo sangat mudah anda dapat install plugin yan SEO friendly dan sudah terbukti atau bisa aja langsung install thesis yang terbukti ampuh oleh kalangan blogger yang serius dalam ngeblog. Seperti yang sudah saya kutip sedikit di poin pertama untuk mendapatkan aliran jaringan, yang memberikan komentar kepada anda adalah manusia bukan robot.

Jika memang blog pribadi anda ingin di monetizing bisa saja anda mengincar SEO namun menurut saya sisi manusianya juga perlu diperhatikan seperti Mas Arief Maulana, SEO oke artikel untuk dibaca manusiapun oke. Selain membuat kehidupan blogging ramai uang pun masuk ke rekening anda.

3. Suguhkan artikel yang menarik pembaca, ini mungkin bukan salah satu cara ampuh mendapatkan aliran pengunjung yang banyak namun lebih tepatnya membuat pembaca awet dan nyaman untuk stay menunggu artikel baru dari anda sepertinya cara ini cocok untuk dipakai kalangan seleb blogger hehehe biar makin terkenal kan harus melebarkan saya dan memberikan performa yang mantap tiap penampilannya.

4. Menjadi Guest Writer, saya mengenal istilah ini pertama kali di blog Mas Agus Siswoyo dan kalau tidak salah sempat diposting juga saat keyword Guest Writer di Google urutan pertama dipegang oleh beliau dan setelah saya melihat lagi ternyata memang menjadi parasit di blog orang lain (selama tidak merusak brand atau merugikan pemilik blog) sangat di ajurkan. Lebih-lebih kalau memang anda menulis artikel yang mantap dan relevan dengan topik yang di angkat sang pemilik blog maka bisa terjadi hubungan simbiosis mutualisme (saling menguntungkan).

Mungkin cara tersebut sudah anda dapatkan di blog-blog lain namun disini saya hanya sekedar membagikan apa yang harus diketahui anda bahwa hal-hal yang menurut anda sepele di dunia blogging bisa saja membuat brand anda besar dan monetizing blog anda lancar.

Semoga bermanfaat untuk anda dan semoga dunia blogging anda makin bersinar dan sukses terus walaupun di terik matahari yang menyengat saat bulan puasa seperti ini hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar