Selasa, 17 Agustus 2010

Javabis99

Javabis99


Puasa Ramadhan Sembuhkan Sakit Maag

Posted: 16 Aug 2010 06:10 AM PDT

Awalnya saya rasakan  agak nyeri & mual di bagian perut dekat ulu hati. Karena keadaan  itu berulang lalu  saya periksakan ke dokter. Katanya saya terserang Maag. Penyebab utama karena makan yang tidak teratur. Lalu saya membeli  obat2 sesuai resep yg diberikan &  sangat dianjurkan makan  teratur tiap hari. Kejadian ini +/- 3 tahun yg lalu menjelang puasa Ramadhan. Waktu itu saya agak ragu apa saya bisa berpuasa dengan lancar.  Saya minta advis seorang Ustad & beliau mengatakan bahwa saya tidak apa-apa melakukan puasa Ramadhan.Bahkan kata beliau dengan berpuasa banyak yg sembuh dari penyakit.

Akhirnya saya coba saja jalani puasa, Sahur dengan porsi makanan yg tidak terlalu banyak, tak lupa minum obat dokter. Saya ingat betul di hari2 awal puasa terutama sore hari, rasa mual & kembung masih saya rasakan tapi hanya sedikit saja, sementara rasa nyerinya hilang. Karena kondisi  tidak terlalu mengkhawatirkan, saya teruskan sampai buka puasa dgn makan ringan, makan malam & Sahur secukupnya saja.  Dst saya ulangi lagi pola itu di hari selanjutnya. Setelah 2 minggu berjalan obat dari dokter sudah habis, rasa mual blm sepenuhnya hilang tapi kondisi sekitar lambung saya sepertinya lebih baik. Lalu saya memutuskan membeli obat maag  dosis ringan & diminum pada hari2 akhir bulan puasa yg ternyata bermanfaat juga. Setelah lewat bulan Ramadhan  saya tidak merasakan keluhan2 lagi di sekitar lambung. Ajaib ! Maag saya sembuh setelah menjalankan puasa Ramadhan. Mungkin  jadwal & pola  makan Buka Puasa & Sahur yg teratur dalam menjalankan puasa sangat  membantu proses penyembuhan itu. Alhamdulillah.

Sekedar sharing (tips basi nih ..he..he..),  saat Ramadhan  2010 ini, sakit maag saya sudah sembuh. Saya lakukan makan sahur & buka puasa  dlm porsi yg sedang2 saja. Tapi minum air putih saya tambah agak banyak dibanding saat tidak puasa. Lalu untuk menambah kesehatan & daya tahan, saya minum vitamin C dosis ringan yg saya beli seharga beberapa ribu saja, saya minum sebelum Imsak. Dengan ini sore hari nya tubuh terasa sedikit segar,  walaupun rasa lemah, lapar,  lemah itu tetap ada… itu mah biasa .. namanya juga puasa ya ngga bro. Tapi rasanya lebih enjoy aja gitu. Ok  sobat,  enjoy puasanya ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar