Selasa, 24 Agustus 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


Titik Jenuh Bisnis

Posted: 24 Aug 2010 05:42 AM PDT

Jenuh

Beberapa waktu yang lalu saya memang sudah niatkan diri untuk menulis artikel ini dikarenakan topik ini sepertinya sangat menarik bagi saya dan cocok untuk di share kepada pembaca semua. Oke, tiap bisnis memiliki titik jenuh dan mungkin ini adalah hal yang ditakuti oleh tiap pebisnis. Tapi titik jenuh ini sebenarnya bisa anda akali dalam artian anda bisa perpanjang masa sebelum titik jenuh ini datang bisa dikatakan menunda kematian ya hahaha dengan cara yang akan saya jabarkan di artikel ini, sedikit ? ya memang sedikit tapi semoga bermanfaat untuk anda pembaca yang memang tidak mau dihampiri oleh titik jenuh bisnis ini.

Sebelum artikel ini saya tulis, saya sempat menulis tweet dengan hashtag #titikjenuhbisnis dan disitu saya menceritakan bahwa Facebook sudah mulai memasuki titik jenuhnya, info ini saya dapatkan dari Kaskus dan beberapa waktu yang lalu menjadi Hot Thread. Dan yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana agar anda bisa membuat titik jenuh ini menjauh sedikit demi sedikit dari bisnis anda ?

Membaca sedikit halaman demi halaman buku Myelin karya Pak Rhenald Kasali membuat saya merasa sepertinya perlu ada perubahan dalam bisnis anda. Dan perubahan kecil itu bisa membuat perubahan yang besar di bisnis anda dan saya akan coba bagikan kepada anda bagaimana cara membuat bisnis anda bisa survive di era persaingan bisnis yang makin hari makin keras.

1. Buatlah Inovasi Bisnis

Inovasi sangat dibutuhkan untuk bisnis anda karena tanpa adanya inovasi maka dijamin bisnis anda tidak akan bertahan lama walaupun bisnis tersebut pasarnya sangat besar namun jika tidak ada terbososan yang membuat publik tercengang mungkin saja bisnis anda bisa gulung tikar, apakah anda pernah mendengar nama super market Hero ? mungkin itu salah satu contoh bahwa pasar yang besar tidak menjamin anda bisa survive dalam bisnis tersebut namun inovasi terbaru dan pemikiran yang jernih dalam bisnis bisa membuat bisnis anda melesat dan tidak akan tergilas oleh zaman dan pesaing yang lebih besar dari anda.

2. Berikan layanan terbaik

Sepertinya ini adalah sebuah keharusan dalam anda membuat bisnis, pelayanan yang baik kepada customer bisa membuat bisnis anda awet muda dan tetap eksis, saya sudah merasakan bisnis jual beli kaos dan memberikan pelayanan yang baik pada pembeli merupakan sebuah keharusan demi menjaga reputasi dan membuat pembeli nyaman dengan pelayanan anda.

Mungkin itu saja tips dari saya agar bisnis anda bisa bertahan dan teruslah berinovasi dan berikan layanan terbaik kepada pelanggan anda, karena ada penjual tapi pembeli tidak ada maka tidak akan terjadi transaksi yang dibutuhkan dalam bisnis. Sebuah hal yang miris jika bisnis anda bangkrut di usia yang masih cukup belia namun disadari seorang entreprenur sejati tetap terus mengivestasikan uangnya demi membangun kerajaan bisnisnya walaupun harus jatuh bangun mengejarmu hahaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar