Rabu, 18 Agustus 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


Generasi Baru Siap Tempur

Posted: 18 Aug 2010 05:57 AM PDT

Saya sangat tertarik dengan amanat dari Pandji di Upaca Bendera Digital yang saya lakukan kemarin pada malam hari dan merekam juga proses jalannya upacara online, namun karena ukurannya yang besar dan durasi yang cukup panjang kalau di streaming via youtube, maka saya putuskan untuk menyimpannya saja dahulu di folder proyek saya.

Dalam amanatnya Pandji mengutarakan bahwa ada dua jenis pemuda di negeri ini, Penuntut perubahan dan Pencipta perubahan. Dan yang saya lihat saat ini adalah banyak sekali pemuda yang tergolong dalam Penuntut perubahan, mereka menuntut melakukan perubahan oleh pemerintah dengan dali mereka digaji dari uang pajak yang kita bayar. Sebuah alasan yang menurut saya masuk akal.

Namun bukan berarti semua harus dilakukan pemerintah. Yang kita bisa lakukan sendiri kenapa tidak kita lakukan sendiri ? Itu yang menjadi masalahnya. Seperti halnya seorang pembantu apakah kita harus menyuruhnya menuangkan air putih yang sebenarnya ada di sebelah kita sendiri dan apakah kita harus menyuruh pembantu untuk menyalakan TV untuk kita tonton padahal remotenya ada di sebelah kita ? Tentu tidak bukan ?

Saat ini yang dibutuhkan adalah sebuah tindakan nyata, cukup sudah dengan planning sana-sini namun tak ada tindakan nyata di lapangan. Maka dari itu buatlah rencana secukupnya dan laksanakan dahulu dengan serius dan jangan setengah-setengah, setelah satu misi sudah diselesaikan segeralah buat rencananya untuk misi berikutnya dan laksanakan.

Ngomong sih mudah tapi prakteknya ? Silakan kita introspeksi diri masing-masing, kata yang kita ucapkan mencerminkan sikap kita mungkin itu hal yang pernah saya entah dimana saya juga lupa.  Dan apa yang kita ucapkan itulah hasilnya, sebab akibat pasti ada di dunia ini.

Semua yang kita lakukan jelas ada sebab akibatnya, saat kita hanya bisa membuat rencana besar di luar sana mungkin memiliki rencana yang lebih besar dan sudah dijalankan. Jalan dulu baru tahu apa yang terjadi nantinya, jangan terlalu perhitungan menjadi orang kecuali anda memang membangun sebuah PLTU untuk menerangi desa atau sebuah gedung pencakar langit.

Seperti yang dikatakan guru IPA saya, hidup ini harus fleksibel saat kita sedang bersosialisasi. Jika ada orang yang penuh logika dalam hidupnya mungkin dia akan cepat mati karena tidak tenang di dunia, saat orang lain bisa mengubah 1 + 1 = 10 orang yang penuh logika dalam hidupnya menetapkan bahwa 1 + 1 = 2.

Back to topic, Generasi muda seakan menjadi sebuah tumpuan utama oleh kalangan yang sudah memiliki detik kehidupan lebih lama. Dan untuk kalangan tua mohon memberikan respect tinggi terhadap yang muda agar tidak membuat mereka minder untuk menshare unek-unek yang mereka miliki dan siapa tahu bisa berbuah sebuah perubahan besar untuk bangsa ini.

Bangsa yang kokoh dan maju adalah bangsa yang memiliki rasa hormat antar golongannya dan memiliki solidaritas tinggi dalam bersosial, saat semua kekuatan itu digabungkan maka akan terbentuk sebuah kesatuan yang tak terpecahkan.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA Ke-65.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar