Minggu, 18 Juli 2010

Blogodolar Tips & News

Blogodolar Tips & News


10 Kunci Sukses Timnas Spanyol Dan Bagaimana Menerapkannya Pada Blog Anda

Posted: 18 Jul 2010 09:10 AM PDT

Seperti kita ketahui, tim nasional (timnas) sepak bola Spanyol keluar sebagai juara pertama Piala Dunia 2010. Dalam pengamatan saya, setidaknya ada 10 kunci sukses tim Matador ini. Kesepuluh kunci ini relevan juga diterapkan pada aktivitas ngeblog Anda.

Mohon dicatat, 11 kunci sukses ini untuk ngeblog jangka panjang, bukan jalan pintas menjadi blogger sukses.

Spanyol juara Piala Dunia 2010

1. Sabar

Timnas Spanyol bukan dibangun dalam kurun waktu satu bulan. Namun, tim ini dipersiapkan sejak 2006 setelah mereka gagal total di Piala Dunia sebelumnya. Seiring berjalannya waktu, para pemain timnas Spanyol mengeyam beragam pengalaman yang membuat mereka matang.

Demikan pula dengan blog. Fakta membuktikan bahwa blog-blog sukses dari sisi finansial dan nonfinansial dibangun bertahun-tahun. Mereka tidak ada yang sukses dalam kurun waktu singkat, misalnya tiga bulan.

Oleh karena itu, Anda perlu kesabaran dalam mengelola blog. Kesabaran ini bisa direalisasikan dengan tidak tergesa-gesa memonetisasi blog di awal-awal ngeblog (misal 3-6 bulan pertama).

2. Gigih (persisten)

Timnas Spanyol mengalami kekalahan pada pertandingan pertamanya di Piala Dunia 2010. Sebagai tim unggulan, kekalahan ini memberikan tekanan bagi mereka. Namun, mereka gigih berjuang mengalahkan lawan-lawannya di pertandingan berikutnya.

Hal serupa terjadi pula dalam ngeblog. Disukai atau tidak, Anda akan menghadapi kendala. Misalnya saja, koneksi internet lambat, tidak memiliki cukup waktu, kehabisan ide menulis, bosan, dan sebagainya. Jika Anda tidak gigih menghadapi kendala ini, cepat atau lambat Anda akan menyerah lalu kalah sebagai blogger gagal.

Bagaimana mewujudkan kegigihan ini? Tipsnya antara lain:

3. Fokus

Timnas Spanyol fokus kepada target memenangi Piala Dunia. Mereka mengeliminasi hal-hal yang bisa mengganggu pencapaian target tersebut, misalnya mabuk-mabukan di bar menjelang pertandingan.

Begitu pula dalam ngeblog. Anda harus fokus kepada tujuan jangka panjang blog Anda. Misalnya, tujuan jangka panjang Anda adalah menjadi blog otoritas pada topik yang dipilih. Tindakan yang dilakukan adalah:

  • Tingkatkan pelanggan RSS
  • Sajikan data dan fakta
  • Tunjukkan keahlian Anda dalam topik yang dibahas

4. Terus belajar

Timnas Spayol belajar dari kekalahannya dari Swiss. Selain itu, mereka juga terus mempelajari kemampuan lawan yang akan dihadapinya untuk menentukan taktik dan strategi mengalahkannya.

Anda tidak cukup belajar pada pengalaman sendiri saja, namun perlu juga belajar kepada pengalaman blogger lain. Pengalaman blogger lain ini bisa berupa hal baru atau hal-hal lama yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya.

Agar memperoleh tips atau berita terbaru, langkah-langkah berikut bisa Anda lakukan:

  • Berlangganan RSS feed blog yang Anda minati
  • Membeli buku yang berkaitan dengan topik blog Anda
  • Membaca media massa yang relevan dengan topik blog Anda

5. Kerja sama

Para pemain timnas Spanyol tidak menonjolkan kemampuan individu, namun mereka mengutamakan kerja sama. Oleh karenanya, mereka menjadi tim yang solid dalam menyerang dan bertahan.

Dalam ngeblog, Anda tidak bisa “hidup sendiri” walaupun Anda ahli di bidang tertentu. Anda butuh bantuan orang lain dalam membangun blog Anda. Hal yang harus Anda terapkan adalah membangun jaringan ngeblog yang saling menguntungkan dengan blogger lain.

6. Konsisten

Timnas Spanyol konsisten memainkan bola-bola pendek dan mendominasi penguasan bola di setiap pertandingannya. Hal ini ditunjang oleh stamina para pemain yang prima.

Hal serupa terjadi dalam dunia ngeblog. Anda tidak harus mempublikasikan postingan setiap hari, namun Anda harus mempublikasikan postingan bermanfaat secara konsisten. Kebermanfaatan ini tidak harus trik dan tips besar, namun bisa pula berupa trik-trik sederhana yang Anda temukan (misalnya studi kasus).

7. Menghormati

Para pemain timnas Spanyol saling menghormati. Begitu pula mereka menghormati pemain lawannya dengan bermain secara fair play.

Dalam ngeblog Anda harus menghormati pembaca dan blogger lain selain menghormati diri sendiri. Hal ini bisa diwujudkan dengan:

  • Membalas komentar pengunjung
  • Menjawab pertanyaan pengunjung
  • Menghormati blogger lain
  • Mengapresiasi pencapaian blogger lain

8. Unik

Timnas Spanyol memiliki gelandang-gelandang bertubuh tidak tinggi yang piawai menggocek bola dan mengumpan dengan akurasi tinggi. Hal ini membuat mereka mampu mengontrol jalannya permainan dengan determinasi dan penguasaan bola yang tinggi.

Dalam ngeblog, blog Anda harus unik agar bisa bertahan di tengah banyaknya blog yang satu topik dengan blog Anda. Postingan 10 Cara Ampuh Menjadikan Blog Anda Beda Dari Blog Lain bisa membantu Anda mewujudkan keunikan blog Anda.

9. Seimbang

Timnas Spanyol seimbang dalam menyerang dan bertahan. Poros utama keseimbangan ini adalah dua gelandang bertahan mereka yang mampu merebut bola dan mengalirkannya kepada play maker.

Dalam ngeblog, Anda juga harus seimbang antara kehidupan nyata dan kehidupan online.  Bila tidak, Anda siap-siap dikomplain oleh keluarga, teman, atau lingkungan tempat tinggal karena Anda terlalu asyik dengan dunia online.

Agar aktivitas online Anda seimbang, Anda perlu manajemen waktu sehingga produktivitas Anda tinggi. Beberapa aktivitas berikut bisa membantu Anda mewujudkannya:

  • Batasi waktu online Anda, misalnya 3 jam sehari (bila Anda blogger paruh waktu)
  • Tentukan skala prioritas, misalnya membuat postingan lebih prioritas dibanding chatting, mengecek statistik blog, dan face book-an

10. Bersemangat

Para pemain Spanyol bersemangat dalam setiap pertandingannya. Hal ini karena mereka mencintai sepak bola dan memiliki target yang ingin dicapai.

Hal yang sama berlaku pula dalam ngeblog. Anda harus semangat mengelola blog Anda. Beberapa tips berikut bisa memacu semangat ngeblog Anda:

  • Pilih topik yang Anda sukai
  • Buat target kecil di samping target besar, misalnya target mingguan atau target bulanan

Itulah 10 kunci sukses yang saya amati dari timnas Spanyol dan relevan dengan aktivitas ngeblog. Saya yakin ada kunci sukses lain yang luput dari pengamatan saya. Jika Anda mengetahuinya, silakan informasikan pada bagian komentar di bawah.

Sumber Gambar: Getty Images

Bonus ebook untuk Anda: Make Money Blogging, Adsense Secret, & SEO for Beginner


Tidak ada komentar:

Posting Komentar