Senin, 26 Juli 2010

Blog Inspirasi dan Bisnis Online

Blog Inspirasi dan Bisnis Online


Satu Lagi Pelajaran berharga

Posted: 25 Jul 2010 09:01 AM PDT

Hari ini, tepatnya pukul 16.15 tempat saya bekerja (perpustakaan) telah mendapatkan Sertifikat ISO 9001 – 2008. Sebuah prestasi yang patut saya acungi jempol, kalau perlu 4 jempol dah :) . Bukan tanpa sebab kenapa saya memberikan apresiasi ini, mereka berempat (DA, HD, MD, HB) telah membuktikan pekerjaan yang dilakukan dengan semangat, tekad yang kuat akan memberikan hasil yang menggembirakan.

Dalam perjalanan memperoleh Sertifikat ISO, saya tahu dengan pasti bukan tanpa kendala memperoleh prestasi ini.  Tenaga, pikiran bahkan perdebatan sering mereka alami bahkan tangisan pun pecah juga.

Perjalanan yang telah mereka jalani selama ini telah memberikan inspirasi untuk saya. Terutama semangat untuk memberikan yang terbaik. Dari obrolan singkat dengan rekan saya (MD), dia merasa senang dengan prestasi ini, tapi menurutnya tantangan sebenarnya adalah implementasinya di lapangan, karena besar kemungkinan akan terjadi berbagai kendala.

Merubah kebiasaan lama menjadi tantangan tersendiri dalam penerapan ISO ini, terutama untuk pegawai yang senior. Karena setiap kegiatan yang kita lakukan harus berpijak pada pedoman yang sudah dibuat. Jika melanggar, maka prosedur tidak berjalan dan besar kemungkinan sertifikat akan ditarik kembali.

Apa pelajaran berharga dari proses yang cukup panjang ini? saya yakin jika mereka yang menjawab (Tim ISO) akan banyak hikmah yang tertulis. Tapi disini saya ingin mengambil satu pelajaran berharga, setiap orang, instansi, organisasi dll harus berani mengambil satu tindakan untuk melakukan perubahan, walau terlihat sulit lakukan saja, karena tindakan yang anda lakukan adalah wujud dari perubahan itu sendiri.

Anda punya kisah tentang PERUBAHAN, baik yang terjadi pada diri sendiri atau orang lain? silahkan berbagi untuk berbagi inspirasi diantara kita, sekian dan Salam Perubahan.

Postingan Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar