Kamis, 09 September 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


Blogger Mudik Blognya Mudik Juga !

Posted: 06 Sep 2010 05:58 PM PDT

mudikHai rekan blogger, mumpung lagi suasana mudik saya ingin share soal blog mudik. Blog juga harus mudik dong bagaimana persiapannya ? saya share di artikel ini. Kalau blogger yang mudik sudah biasa, tapi kalau blognya yang mudik mungkin tidak biasa. Blogger mudik memang sudah menjadi tontonan biasa namun mungkin karena blogger hanya terkenal di dunia maya jadi waktu kena sorot kamera ya biasa saja reaksi dari reporternya.

Saat blogger mudik jelas blognya tidak akan diam saja bukan ? setelah melihat artikel dari Mas Agus Siswoyo disana ada point untuk memiliki tabungan artikel di draft blog kita dan siap di publish, sebuah solusi yang sangat bagus dan sangat wajib untuk rekan blogger yang kampungnya tak ada koneksi internet sama sekali.

Untuk blogger yang kampungnya sudah bisa akses internet sih masih tenang-tenang saja karena dia bisa menulis pengalaman mudiknya di kampung dan bisa mengupload fotonya di fesbuk. Oleh karena itu sebagai blogger jelas anda harus membawa laptop dan perangkat lainnya seperti modem untuk internet dan kamera juga boleh untuk memasukan foto suasana kampung anda di blog.

 

Blog bisa diakses darimana saja sehingga anda tidak butuh membawa server blog anda ke suatu kota dimana anda tinggal. Servernya di amerika yang punya di indonesia, bisa toh di akses ? itulah nikmatnya ngeblog artikel anda tetap bisa di cek dimana saja dan jika anda menggunakan WLW (Windows Live Writer) anda juga bisa mendapatkan kemudahan yang lebih jika kampung anda ada koneksi internet namun sinyalnya lemah.

Saat anda pulang kampung alias mudik blog anda tidaklah harus diterlantarkan dan menurut saya saat artikel anda sudah set 2 hari sekali terbit tapi kalau komentarnya tidak di balas-balas serasa bicara sendiri tak ada yang merespon. Lalu bagaimana mengatasi masalah ini ? Sebuah hal yang sulit untuk anda yang kampungnya tidak ada koneksi internet dan satu-satunya cara adalah anda harus pergi ke kota terdekat untuk mencari koneksi internet.

Bagaimana untuk yang sudah punya koneksi internet di kampungnya ? Ya Alamdulillah, tinggal anda sempatkan waktu untuk tetap membalas komentar di blog anda. Apalagi kalau anda ingin sekali menjadi seleb blogger seperti blogger yang saya sebutkan di atas jelas butuh konsistensi dalam dunia blogging.

Selain itu periksalah expired domain dan hosting anda, jangan-jangan setelah ditinggal berhari-hari mudik blog anda sudah raib dan tak bisa dikunjungi lebih parah lagi domainnya sudah dibeli orang lain. Sungguh kisah yang tragis di kala mudik. Domain dan hosting perlu anda cek jangan terus terlena oleh admin panel WordPress saja, Cpanel juga perlu anda cek.

Jangan lupa backup blog anda saat ditinggal mudik, ini dibutuhkan siapa tahu ada orang iseng yang mencoba membobol blog anda dan saat anda kembali dari kampung halaman tiba-tiba dikagetkan dengan berita yang kurang mengenakan untuk blogger dan blognya.

Baik mungkin poin dari saya itu saja semoga bermanfaat untuk blogger yang ingin mudik semoga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul dengan keluarga disana dan semoga pula bisa kembali ke kota perantauan dan menjalankan aktivitas sehari-hari dengan senang dan segar kembali. Selamat mudik !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar