Selasa, 12 Oktober 2010

Ariefrizky.com

Ariefrizky.com


Re-Publish

Posted: 12 Oct 2010 07:52 AM PDT

Pernahkah anda merasa bahwa beberapa post yang ada di blog anda adalah artikel yang saling keterkaitan. Ya, jelas itu pernah untuk beberapa blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging ini.

Apakah itu hal yang tidak kreatif ? Beberapa blogger yang belum pernah melakukan hal ini jelas mengakatakan, “Sangat tidak kreatif” atau ada juga yang bilang, “sudah buntu ide ya ? sampai harus mempublish artikel yang mirip-mirip gitu ?”. Dan menurut saya jawaban itu kurang tepat bahkan salah.

Blogger yang sudah lama menulis di blognya dengan sebuah topik, jelas memiliki banyak sekali varian artikel yang bisa ditulisnya. Namun, tidak semudah itu membuat sebuah artikel yang sangat bagus dan orisinil + tidak ada yang punya sebelumnya bahkan sang blogger sendiri.

Sekarang misalkan saya artikel singkat sekali seperti ini :

Blog Ramai, Apa gunanya ?

Membuat sebuah blog menjadi ramai bukanlah hal yang mudah. Semua butuh proses agar membuat blog anda ramai. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menjadikan blog anda menjadi sebuah tempat tongkrongan yang asik untuk para blogger.

Apakah masih bisa kita variasikan menjadi sebuah artikel lain ? Nah itu yang saya maksud Re-Publish ini alias Related Publish :hammer. Membuat sebuah artikel yang related to artikel sebelum-sebelumnya yang pernah anda tulis. Oke saya ambil contoh sebelumnya dan saya variasikan menjadi sebuah artikel baru dengan judul.

Cara Menjadikan Blog Ramai

Hai, pernah gak sih merasa kalau blog anda sepi dan seperti blog yang mati, apa yang ada di perasaan anda saat blog anda sepi ? bosan ? ingin berhenti ngeblog ? Ya jelas itulah yang ada di pikiran anda. Sekarang saya ingin menjelaskan kepada anda bagaimana membuat blog anda ramai.

Dari 2 contoh itu anda sudah bisa membayangkan bagaimana re-publish ini bekerja. Seperti yang sudah saya katakan, re-publish bukan secara 100 % menulis ulang artikel anda sebelumnya. Namun, anda cukup mengambil sekitar 40 % atau malah anda bisa ambil 5 % saja dari artikel sebelumnya, itu juga tergantung dari berapa jumlah kata yang anda tulis dalam sebuah artikel.

Apakah re-publish masih dikatakan tidak kreatif setelah membaca artikel ini ? Saya rasa tidak, malah anda akan berpikir bahwa sang blogger adalah orang yang kritis sehingga bisa membuat sebuah kalimat menjadi sebuah artikel baru.

Maka, muncul pertanyaan baru. Kenapa tidak sekalian saja membuat full 1 artikel, atau membuat part-partnya ? Begini, sebenarnya itu juga bisa asalkan ada perencanaan matang untuk menyiapkan draft artikel dan diterbitkan sesuai jadwal.

Bedanya dengan re-publish adalah anda awalnya tidak tahu anda akan menulis apa lagi setelah artikel ini dan anda coba baca-baca artikel lama dan andapun mulai melihat tiap kalimat yang bisa dijadikan sebuah ide besar, namun tetap segar dan terlihat orisinil.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan sebuah link yang menuju ke artikel sebelumnya yang anda kutip. Gunanya jelas untuk meningkatkan pageview sekaligus membuat pengunjung baru paham akan apa yang anda bahas di artikel itu dengan apa yang sudah anda bahas di artikel terkait.

Apakah anda sudah pernah melakukan Re-Publish ? Kalau belum ayo coba ! karena bisa meningkatkan pemikiran kritis anda dan membuat anda bisa lebih detail dan bijaksana dalam mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar