Rabu, 04 Agustus 2010

Blog Inspirasi dan Bisnis Online

Blog Inspirasi dan Bisnis Online


Kabur Dari Toko Langganan, Why??

Posted: 02 Aug 2010 09:49 AM PDT

Ada yang tahu mengapa pembeli bisa kabur dari toko langganannya? kenapa wacana ini saya berikan? karena minggu kemarin saya termasuk salah satu pelanggan yang kabur. Menurut beberapa buku yang saya baca, katanya caranya terbaik untuk mengetahui itu semua adalah dari sudut pandang konsumen, jadi karena hari ini saya termasuk salah satunya, ya dengan senang hati saya ingin berbagi pengalaman ini dengan anda.

Alhamdulillah akhirnya jadi juga pergi belanja untuk membeli perlengkapan bayi, sekitar jam 9 pagi setelah sarapan saya dan istri pergi ke pusat perbelanjaan kota bandung. Setelah sampai, saya langsung dibawa ke tempat istri biasa beli perlengakapan bayi (pengalaman saat anak pertama).  Seperti pada umunya konsumen saya dan istri tawar-menawar harga barang yang ingin kami beli, setelah harga mentok tidak bisa ditawar lagi, terbesit dalam pikiran? kok harganya tidak jauh beda dengan toko baby shop dekat tempat tinggal kami??.

Mungkin karena malas mencari lokasi lain akhirnya kami beli ditoko tersebut, beberapa barang kami dapatkan. Dalam perjalanan pulang, uppps ternyata tidak jauh dari toko tersebut ada toko perlengkapan bayi lain, rencanya sih cuma mau lewat aja, tapi berhubung istri terpincut baju hangat rajutan yang lucu banget, akhirnya beli disana. Iseng-iseng tanya harga barang yang kami beli ditoko sebelumnya, setelah mendengar jawabannya saya dan istri spontan tersenyum, bukan senyum karena harga disini lebih mahal tetapi ternyata kita beli di toko pertama kemahalan :( .

Jika anda adalah saya, apakah anda juga akan kabur dari toko pertama menuju toko kedua? Hmm sepertinya sih iya, karena semua kebutuhan yang kita perlukan ada juga di toko kedua. Plus ada satu poin yang membuat saya akan kembali ke toko kedua, apakah itu? pelayanan yang baik, saya dan istri merasa sangat puas dengan keramahan penjualnya. Dari hati masuk ke hati, mungkin itu yang bisa saya katakan.

Dari cerita ini, yuk kita ambil kesimpulan. Kira-kira apa saja faktor agar pelanggan menjadi setia alias tidak kabur-kabur lagi. Menurut hemat saya, saya akui harga yang lebih murah dengan kualitas dan jenis  barang yang sama sangat menarik hati, tapi kalau pelayanannya sangat buruk ya males juga dateng kesana? Jadi kesimpulannya adalah kualitas pelayanan sangat berperan penting dalam membangun komunitas yang setia dan harga yang wajar bahkan lebih murah sangat mempengaruhi trafik penjualan, anda punya kisah yang mirip, kabur dari satu toko, WHY? :) Mari berbagi.Terima kasih sebelumnya, semoga menjadi inspirasi,,,

Postingan Menarik Lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar