Blog Bisnis dan Investasi |
3 Cara Bagaimana Mengarahkan Pegawai Anda Agar Bekerja Maksimal Posted: 11 Aug 2010 09:07 AM PDT Pada artikel saya yang telah lalu, telah saya bahas bahwa salah satu fungsi manajemen adalah pengarahan. Sekarang, saya akan bahas apa maksud dari pengarahan atau manajemen pegawai itu sendiri beserta jenis dan macamnya yang bisa anda terapkan buat manajemen sdm anda. Pengarahan dalam ilmu manajemen merupakan aspek hubungan manusiawi dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan untuk bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara efektif dan efisien untuk mencapai sebuah tujuan. Wah, panjang kali definisinya ya. Biasalah, bahasa kuliahan. Jadi saya nggak bisa merubah seenaknya. Ntar dimarahin dosen manajemen adik ipar saya, ha..ha..ha.. Tapi inti tujuan dari pengarahan adalah, bagaimana caranya agar pegawai anda paham dan mau melaksanakan tugas yang anda berikan dengan sepenuh hati dan hasilnya, memuaskan anda. Kira-kira begitulah… Jenisnya, ada 3 buah. Pertama adalah orientasi, kedua adalah perintah dan ketiga adalah delegasi wewenang. Saya akan bahas satu persatu. 1. Orientasi Adalah cara pengarahan dengan memberikan informasi yang perlu agar kegiatan usaha anda dapat dilaksanakan dengan baik. Biasanya orientasi ini anda lakukan kepada pegawai baru dengan tujuan untuk memberikan pengenalan dan pengertian tentang masalah yang terjadi di perusahaan anda. Tapi orientasi bisa juga anda terapkan untuk pegawai lama yang kadang-kadang lupa atau tidak selalu ingat. Tujunnya adalah agar mereka selalu memahami peranannya. Disetrum dikit lah biar ingat… 2. Perintah Ini yang paling umum anda lakukan sebagai seorang pimpinan perusahaan. Definisi perintah adalah permintaan dari pimpinan kepada orang yang berada di bawahnya untuk melakukan atau mengulang suatu kegiatan tertentu pada keadaan tertentu. Macamnya :
3. Delegasi Wewenang Pendelegasian wewenang lebih bersifat umum jika dibandingkan dengan pemberian perintah. Dengan pendelegasian wewenang ini, anda melimpahkan sebagian dari wewenang yang anda miliki kepada bawahan anda. Misalnya anda punya usaha bandeng presto. Anda mempunyai seorang manager tim penjualan yang salah satu tugasnya adalah mengadakan perjanjian jual beli dengan pembeli besar. Dengan wewenang yang kurang jelas, manager tersebut akan bolak-balik menanyakan kepada anda, dan jawabannya belum tentu memuaskan. Repot kan? Anda bisa atasi hal ini dengan membuat bagan wewenang untuk menyetujui perjanjian. Ternyata masalah pengarahan pegawai saja ada rumusnya ya? Tapi santai saja, semuanya fleksibel kok. Yang penting tujuan perusahaan anda dapat dilaksanakan sekuat tenaga oleh pegawai anda. Hanya saja satu hal yang perlu anda pahami. Sebaik-baik anda memanajemen pegawai anda, anda harus punya sumber daya manusia yang hebat. Maksud saya, percuma anda punya metode pengarahan yang super ganas tapi pegawai anda nggak “kredibel”. Jadi, pilihlah pegawai yang benar-benar mumpuni. Anda bisa baca artikel saya tentang tips bagaimana memilih karyawan yang berprestasi. Ok, sekian pembahasan tentang manajemen kinerja pegawai. Ada yang mau berkomentar? Nggak usah sungkan-sungkan, monggo… (sumber gambar : eworld-indonesia.com) Related posts: |
You are subscribed to email updates from Blog Bisnis dan Investasi To stop receiving these emails, you may unsubscribe now. | Email delivery powered by Google |
Google Inc., 20 West Kinzie, Chicago IL USA 60610 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar